Zona Nyaman, antara Kenyamanan dan Risiko

Zona nyaman merupakan hal yang membuat seseorang menjadi tidak ingin untuk mengenal tantangan dan dunia luar yang penuh dengan pengalaman. Namun ketika kita mencoba untuk keluar dari zona nyaman, apakah hal yang akan kita hadapi setelahnya? Lalu sebenarnya apa manfaat jika kita keluar dari zona nyaman kita?

Ketika saya masih duduk di sekolah menengah pertama, saya merupakan siswa yang pendiam dan tidak terlalu suka untuk bergaul dengan banyak orang. Hal ini tentu menyulitkan bagi saya, apalagi dalam hidup bersosialisasi. Saya yang terlalu aman dalam zona nyaman saya, tidak membuat saya berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi lebih mudah dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, terkadang rasa takut yang berlebihan akan respon orang lain menjadi kendala bagi orang-orang yang terlalu introvert seperti saya dulu. Ketika saya duduk di bangku sekolah menegah atas, saya mencoba untuk lebih membuka diri saya kepada lingkungan sekitar. Walau belum sepenuhnya keluar dari zona nyaman, saya merasakan betul manfaat dari keluar dalam zona nyaman.

Saat ini saya duduk di bangku kuliah, saya mencoba untuk lebih membuka diri saya kepada lingkungan baru saya dengan mengikuti berbagai kegiatan kampus dan berlatih untuk berhadapan dengan orang banyak tentunya. Hal ini membuat saya menemukan definisi dari diri saya sendiri, apa kemampuan diri saya serta potensi-potensi yang belum pernah muncul sebelumnya, mengetahui seberapa besar kemampuan kita memecahkan masalah, belajar bekerja di bawah tekanan, dan kita dapat mecoba sesuatu yang mungkin saja dapat kita banggakan.

Dengan kita mecoba hal-hal baru dalam artian kegiatan yang positif, kita dapat menemukan pengalaman yang tentunya tidak dapat kita beli dengan uang, kita dapat bersosialisasi dengan orang banyak bahkan beberapa orang penting yang mungkin ke depannya dapat membantu kita di kemudian hari. Penting untuk kita membuat jaringan dan link seluas-luasnya, dan jangan terlalu aman dalam zona nyaman kita sendiri.

Ketika ada kesempatan untuk mengembangkan diri kita menjadi lebih baik, jangan berfikir dua kali untuk mencoba, langsung saja coba jika hal tersebut membuat diri kita menjadi lebih baik lagi. Misalkan ketika ada pembukaan kepanitiaan atau organisasi, jangan ragu untuk memasukkan CV kita, dengan begitu kita dapat merasakan bagaimana proses untuk memasuki sebuah organisasi. Untuk masalah hasil, kita tidak perlu untuk berambisi mendapatkan apa yang kita inginkan. cukup berusaha dengan sebaik dan semampu kita, maka usaha tidak akan mengkhianati hasil. Jika kita gagal, maka tidak ada seuatu yang sia-sia, hal ini dapat membuat kita belajar dari kesalahan dan kegagalan.

Jika kita hidup keluar dari zona nyaman kita, dipastikan kita hidup dengan penyesalan yang 'minimal'. Mengapa? Karena kita telah berusaha mencoba setiap kesempatan yang ada di depan mata, entah masalah hasil nantinya, itu adalah bonus dari apa yang kita usahakan.

Manfaat lainnya yaitu kita membuka kesempatan sukses bagi diri kita sendiri, karena dengan keluar dari zona nyaman kita dapat membangun rasa percaya diri kita akan kemampuan yang kita miliki, dan hal ini merupakan hal penting dalam membangun sebuah kesuksesan.

Jangan takut untuk berkenalan dengan orang baru dan keluar dari zona nyaman kita sendiri. Karena hal-hal buruk yang dipikirkan pasti tidak akan terjadi jika kita melakukannya dengan baik.










Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Bantulah kami menjadi yang lebih baik dengan komentar Anda, namun berkomentarlah yang baik dan sopan, tidak mengandung unsur pornografi, tidak spam, dan dilarang jika  hanya bertujuan promosi suatu produk. Jika Anda menyertakan link, mohon melalui Name/URL
Terimakasih atas komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment