Character Building Camp 2015 SMAN 3 Semarang

Ingin berbagi sedikit pengalaman, 
Character Building Camp 2015 dilaksanakan pada tanggal 12-14 Juni 2015.Bertujuan membentuk karakter siswa-siswi SMAN 3 Semarang yang unggul dari 3 program pembentukan karakter unggul, yaitu Live in, CBC, dan Social Care.

Ngga pernah menyesal ikut kegiatan ini. Karena bakal terkenang seumur hidup.

Awalnya kumpul di sekolah sehabis shalat jumat, ya sekitar jam 1. Nunggu sebentar, masukin barang ke bis sesuai kelas, terus apel di lapangan SMA 3 Semarang. Panasnya gaququee...

Berangkat kira-kira pukul 14.15 an. Perjalanan antara sekolah dengan markas Yon Zipur 4/TK Ambarawa sekitar 45 menit-1 jam. Sampai di sana sekitar pukul 15.15. Setelah sampai, kami turun di pertigaan menuju markas Yon Zipur. Baris 3 banjar ke belakang. Dibagi lagi per barisan ada 10 deret orang dengan 1 pemimpin barisan. Setelah itu jalan ke markas Yon Zipur dengan langkah yang harus sama dan bebarengan. 

Setelah itu dikumpulkan di lapangan tengah. Pembagian per pleton secara acak. 
"10 orang cewek/cowok maju ke depan"
Sesuai sama bapak tentaranya.. hmm.. satu pleton ada 32 orang. Pada waktu itu angkatan Smaga16 dibagi jadi 9 pleton. Sehabis pembagian pleton kami baris di dekat garasi kendaraan dekat aula. Ambil barang dan tas. Pembagian barak juga sedikit agak random. Dan bisa jadi sekelas itu misah-misah baraknya. Hmm... Jaga-jaga bawa tiker juga penting. Kalau misalnya terpisah sama teman yang kebagian bawa tiker, kan repot. Huhuhu

Oiya, ketika pelatihnya berbicara "Pagi...."
Kami pun menjawab "Pagi, pagi, pagi!" Dengan tangan serong ke atas. Begitu pun siang, sore atau malam.
Kami pun dituntut selalu tegas dan disiplin.
"semuanya, jelas?"
"SIAP, JELAS..." kami pun kompak menjawab setiap pertanyaan dari pelatih.

Sehabis pembagian barak, diberi waktu istirahat selama kurang lebih 1 jam untuk jajan dan shalat maghrib. Setelah itu kami semua berkumpul lagi di depan garasi sesuai dengan pleton masing-masing. Ada beberapa yang telat dihukum jalan jongkok. Jadi usahakan jangan sampai telat dan jangan lupa koordinasi antar anggota per pleton.. 
Saat CBC penuh dengan keheningan. Hm.

Sehabis berbaris, kami semua makan di aula. Dengan formasi 2 deret saling berhadapan, lutut harus lurus dengan sampingnya, tidak boleh bicara. Sikap sempurna saat duduk juga diajarkan. Badan tegap! Tangan lurus di atas lutut.
Saat akan dimulai, pelatih akan memberi instruksi.
"Posisi siap...gerak!"
"Sebelum makan malam berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing"
"Berdoa selesai"
Serentak kami berteriak "Selamat makan..!"

Makan saat CBC penuh dengan sensasi yang belum pernah terbayangkan.
Kami makan dihitung dari 1-10 harus habis. Berasa makan pakai sekop.
Ketika itu ada nih teman yang makan duluan, ketauan sama pak tentara, push up 10 deh..
Ketika makan..........,,,,,,
"Berhenti.... piringnya tukar dengan depannya"
Serentak langsung pada makan makanan piring yang ditukar tadi..
"Lho siapa yang suruh makan.. kan cuma suruh tukar, makanya fokus..." jadi kita ditutut selalu fokus akan instruksi dan aba-aba.
Lalu piring ditukar lagi dengan depannya. Kalau belum habis bisa dibantu dengan teman depan atau sampingnya. Nasi tidak boleh ada yang jatuh, makan harus habis dan tidak boleh tersisa.

Saat selesai makan, kami pun bersiap untuk posisi siap.
"Posisi siap....gerak!"
"Setelah selesai makan, berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing"
"Berdoa selesai"
Kami pun serentak berteriak "Terimakasih", dan meletakkan piring di samping aula dengan rapi.

Setelah itu kami berjalan dengan pleton masing-masing menuju lapangan samping masjid, lalu shalat isya berjamaah, dan yasinan. Yang tidak atau lagi tidak duduk-duduk di lapangan. Ngobrol sama bapak tentara ternyata lucu, menyenangkan. Tapi memang kalo lagi pelatihan serem dan galak. Itu memang tuntutan supaya kami bisa disiplin dan taat aturan. 

Setelah kami shalat, menuju aula untuk mengikuti acara wawasan nusantara. Jadi tiap pleton kalau jalan misalkan dari lapangan ke aula dengan barisan 3 banjar ke belakang, harus nyanyi bareng-bareng. Kebetulan aku masuk PLETON 5. Nyanyi Mars Ganesha terus karena bingung mau nyanyi apa. Wkwkwk...

Ketika wawasan nusantara ada pengumuman ada teman kami yang sepatunya kiri semua sehabis shalat isya. Dalam hati pingin ketawa tapi juga kasian. Akhirnya ketauan ada yang sepatunya kanan semua gara-gara terburu-buru. Dihukum deh push up 10 kali. 

Setelah wawasan nusantara, kami menuju barak masing-masing untuk istirahat.

Keesokan harinya, kami bangun jam 3 untuk mandi, tapi juga banyak yang tidak mandi. Karena udaranya dingin dan nggak memungkinkan buat badan bau dan berkeringat, rata-rata mandinya di sore hari . Karena antri jadi bangunnya pada gasik. Acara dimulai pagi pukul 04.30. Yang shalat menjalankan shalat, dingin bangeeet...... sehabis itu senam dari yang loncat-loncat, streching, sampe push-up. Waktu mau gerakan tangan dipinggang dan harus teriak JOS! Cara menghitungnya satu, dua, tiga, satu! satu, dua, tiga, dua! sampai satu, dua, tiga, delapan!

Setelah senam kegiatan pembersihan 30 menit. Setelah itu kumpul lagi di depan garasi untuk baris sesuai dengan pleton. Lalu, kami menuju aula membentuk 2 banjar ke belakang, mengambil makanan, dan masuk ke dalam aula untuk makan pagi bersama dengan cara yang sama pula.

Sehabis itu, kami menuju lapangan kembali, berbaris sesuai pleton, berjalan sambil menyanyi bersama. Lalu kami duduk di lapangan, setiap kelompok pleton harus memiliki sebuah yel-yel. Setiap pleton menampilkan yel-yel dari pleton 1-9. Sekitar pukul 7.45-9.45 kami latihan PBB dari posisi siap, hormat, istirahat, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan dan balik kiri. Susah juga. Setelah itu dilanjutkan dengan outbond. Banyak permainan yang menguji kekompakan pada setiap pleton.

Sehabis itu, kami istirahat dari pukul 11.30-12.00 tidak boleh di dalam barak.
"Tidur siang itu tidak baik, yang baik itu lari siang"
Ambil uang dan barang hanya 5 menit. Kalau ketahuan di dalam barak lari lapangan 5 kali deh...

Lalu kami berbaris dan makan siang. Dilanjutkan dengan shalat dhuhur. Kumpul di lapangan jam 13.30 ada beberapa yang ke barak. Lalu, kami di lapangan berlatih tata upacara yang baik dan benar. Dari posisi siap, istirahat dan hormat. Dari awal masuk lapangan pun diatur. Berbaris dan langkah kaki haruslah sama. Tangan diayunkan 45°… Posisi sempurna.
"Posisi sempurna, jangan ada yang gerak-gerak!"
"Luruskan dengan depannya!"
Jangan sekali-kali melanggar, karena yang gerak-gerak walaupun hanya membenarkan kacamata ada konsekuensinya. Dipanggil maju ke depan, untuk cowok push up 20 kali dan cewek jongkok berdiri 15 kali. Dan itu bukan hanya yang melanggar yang merasakan hukuman, namun pleton dari yang melanggar juga ikut dikenai hukuman. 

Namun ada jeda untuk beristirahat sejenak. Dibagikan air mineral, lali disela-sela istirahat, kami juga kadang bercanda dengan para bapak tentara. 

Cukup lama untuk pelatihan tata upacara sampai benar-benar sempurna. Ada sekitar 3 jam untuk berlatih tata upacara. Kulit langsung hitam.. :')

Setelah itu kami menuju lapangan di samping masjid dan yang shalat menuju masjid. Setelah semuanya selesai, kami bareng-bareng menuju barak untuk kegiatan mandi dan istirahat. Ketika 17.30 kami menuju lapangan, menggunakan smaga biru dan training panjang, tidak boleh celana pendek. Harus kompak bajunya. Ada yang beda sendiri seangkatan ikut kena marah. Yang tidak kompak mendapat hukuman push-up.
Setelah itu kami menuju lapangan samping masjid dan shalat. Setelah selesai, kami menuju aula untuk makan malam.
Berikutnya berkumpul tiap kelas, untuk membahas pensi.

Pelatih pun datang, memberikan materi bela negara. Sampai pukul 21.00. Yang shalat isya menuju masjid dan yang tidak shalat menuju lapangan dekat garasi untuk menyiapkan api unggun.

Setiap kelas menampilkan pensi. Pada saat pukul 00.00, ada tentara yang ulang tahun. Kami dan ketua tentara memberikan surprise dan setelah itu menari bersama dengan diiringi musik. Dingin banget udaranya. Disaranin bawa jaket. Langitnya cantik banget, banyak bintang yang bisa kami lihat. Setelah acara selesai, kami menuju barak dan tidur.

Keesokan harinya, kami bangun jam 4 pagi, untuk melaksanakan mandi dan sedikit packing. Setelah adzan, ada yang ke masjid untuk shalat. Kami melaksanakan senam pagi pukul 05.30 dengan menggunakan baju warna merah dan training. Dingin banget....
Selesai senam, kami ganti baju osis. Sampai pukul 06.45 kami kumpul di depan garasi untuk berbaris sesuai dengan pleton. Lalu, kami makan pagi seperti sebelumnya. Setelah makan pagi, kami melaksanakan gladi bersih upacara seperti yang dilaksanakan pada saat tata cara upacara. Harus perfect.... Kaki rasanya udah capek banget....

Setelah gladi bersih, kami melakukan upacara dengan sempurna. Diawali dengan jalan ditempat, lalu berjalan menuju tempat upacara. Langkah haruslah sama, diiringi dengan musik. Setelah itu kami tidak boleh bergerak sedikitpun saat upacara berlangsung. Setelah selesai, kami menuju keluar lapangan dengan baris dan langkah yang sama.

Setelah selesai upacara penutupan, kami berfoto dan berselfie ria di lapangan. Indah banget pemandangannya..... lalu kami foto seangkatan.. SMAGA16. Lalu, berkemas dan memasukkan barang ke bis, langsung cus... menuju ke Semarang, SMAN 3 Semarang tercinta..
Sudah kangen kasur...
Intinya kegiatan ini bermanfaat banget buat kami. Bisa mengerti disiplin, kerjasama, komunikasi, menghargai waktu, menghargai makanan, dan hal-hal yang bisa kami dapatkan dan tidak bisa didapatkan hanya dengan membayangkan. Seru banget apalagi pas outbond. Ada rasa puas tersendiri ketika kami sudah selesai melaksanakan CBC kali ini. Banyak quote dari bapak pelatih yang bermanfaat bagi semua,  SMAGA16.
Walaupun awalnya berat, dipastikan tidak menyesal buat ikut acara ini, terbayarkan rasa puas dan pemandangan indah serta udara yang sejuk banget.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
26 Juli 2016 pukul 11.26 ×

terimakasih atas informasinya
di tunggu informasi selanjutnya

Congrats bro sabun amoorea you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Bantulah kami menjadi yang lebih baik dengan komentar Anda, namun berkomentarlah yang baik dan sopan, tidak mengandung unsur pornografi, tidak spam, dan dilarang jika  hanya bertujuan promosi suatu produk. Jika Anda menyertakan link, mohon melalui Name/URL
Terimakasih atas komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment