Done, I'm Dipo Muda 2016..

Hello, Kintan kali ini mau post nih,.. hehe udah lama enggak ngeblog..
Kali ini Kintan bakal share pengalaman.. Stay tune yaa.. wehehe

Oke dimulai dari masa SMA, sebagai anak MIPA, aku bukan termasuk jajaran murid pintar dan ranking teratas..biasa-biasa aja. Cita-citaku memasuki jenjang perguruan tinggi, Universitas Diponegoro, adalah impian terbesarku.. Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah menjadi target utamaku. Berhubung aku anak MIPA, maka dari itu aku ambil lintas minat ekonomi akuntansi.

Selama SMA aku bukan tipe siswa yang ambisius, lebih take it slow, let it flow. Belajar sesuai kemampuan, nonton tv iya, main iya, nyantai apalagi, suka ke kantin pasti, cabut ke starbucks kadang-kadang. wkwk.. Bersyukur dengan semua nilai yang didapat juga jadi prinsipku. Mau bagus atau enggak semuanya sudah ada porsinya. Yang penting sudah berusaha sesuai kemampuan. Inimah nyantai banget yak.. wkwk 

Ketika naik ke kelas 11, aku mengubah haluan ingin melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran. Dari latar belakang dari kecil suka sakit, dan pengen menolong orang banyak jatuh deh pilihan ke situ. Hampir semua murid di sekolah memilih FK Undip. Secara saingan satu sekolah aja enggak main-main, apalagi se-Indonesia. Sempat down, tapi berkat teman-teman aku optimis bisa meraih semua keinginan yang aku impikan..

Tujuanku terkunci pada FK Undip. Kelas 12 aku lalui dengan kesungguhan dan keseriusan(?) Enggak juga ding Ehehe. Bahkan sempat terpikir UN enggak penting, SBM penting banget.

Tapi aku salah. Basicly aku harus menguasai materi UN sebelum ke SBMPTN. Alhamdulillah UN lancar jaya. Padahal belajar juga ga ngoyot amat, soal buku detik-detik masih bersih :'). Lanjut ke SNMPTN. Enggak berharap banget sih. Aku sudah mewanti-wanti diriku sendiri biar enggak terlalu kecewa sama semua hasil yang akan keluar nantinya. And..... ENGGAK LOLOS.. Hmm awalnya kecewa tapi life is must go on. Ternyata emang SNMPTN salah sistem.

Dimana-mana ada berita tentang sekolahku. Disaat semuanya protes, seperti biasa aku take it flow,dan ga terlalu ambil pusing, karena semuanya enggak bisa diperbaiki untuk hal ini. Mikirin SNMPTN cuma buang waktu, lalu fokus ke SBMPTN.. di sini aku memilih FK Undip, FK Unsoed, FKG UGM.

Bimbel SBMPTN selama sebulan enggak begitu worth menurutku, karena cuma bahas soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Paling enggak harus latihan sendiri, apalagi siapa yang tahu bagaimana soal SBMPTN secara pasti, mau belajar ini yang keluar itu, bejo kalau kalian pelajari kebetulan pas seperti yang keluar ketika di ujian.. ehehehe. Walau lolos tryout bimbel enggak jamin lolos the real of SBMPTN.. Udah lega bisa lolos tryout pilihan pada waktu itu FKG UGM.. Tanggal 31 Mei 2016, jengjengg..soal SBMPTN beda pola dengan tahun lalu, terutama TPA, lebih susah..
Tanggal 28 Juni 2016, buka pengumuman dengan keringat dingin, ehehe, tradaaa... SBMPTN we pun ENGGAK LOLOS yaa.. 

Seharian meratapi nasibku ini.. Hmm. Mikir nasib ke depan bakalan gimana ini, tapi aku percaya Allah tau yang terbaik. Sempet kepikiran sekolah di PTS, walau swasta emang hampir sama dengan PTN, tapi tep aja mahal dan lulusannya lebih diutamakan PTN... Sedih overrated.. Ya kedengeran cacian sana-sini, banyak omongan yang enggak enak karena aku belum dapet kuliah, but keep strong is a must, di sini aku merasakan ternyata kehidupan bermasyarakat terkadang kejam. wkwkwk

Nah sesudah ujian SBMPTN, diadain nih Ujian Mandiri UNDIP. Kalau SBMPTN tanggal 31 Mei 2016, kalau UM Undip 4 Juni 2016. Entah mengapa aku merasa enggak bisa cuma berharap sama SBMPTN yang notabenenya saingan seluruh Indonesia, dan yang ikut bisa mulai dari angkatan 2014. Gils...

Dan beruntung ketika UM Undip aku ngambil campuran. Dimana pilihan pertamaku Kedokteran Umum, Akuntansi, Manajemen. Kebut materi Soshum seminggu sesudah SBMPTN yaa, mana seminggu sebelum UM juga kena faringitis kronis dan sinusitis sampe telinga hidung rasanya kayak kemasukan cabe OMG belajar jadi super ekstra . Bermodal catatan dan buku paket berjibun  dibaca sampe mata pedes, sampe telinga panas gara-gara kelamaan dengerin musik yang jadi temen ketika belajar #curhat. Download soal Soshum di internet dan sempet bikin down karena susah-susah.Tetep optimis, karena hasil tidak mengkhianati semua usaha yang kita lakukan, aku sudah melakukan sebisaku dan walau belum maksimal dalam belajar soshum.. 

Dannnn the day, bisanya cuma minta restu ortu, penting banget nih,, aku mohon banget sama ortuku supaya merestui dan mendoakan yang terbaik buat anaknya ini, ehehe... Alhamdulillah, soal campuran ga susah, beneran, gatau kenapa.. Beruntung juga belajar soal 5 tahun ke belakang, ketika ngerjain Saintek kenapa pola dan soalnya berasa pernah ngerjain di soal UM 5 tahun ke belakang. Walau beda angka dan ya diubah dikit-dikit, sayangnya aku ngerjain Saintek enggak maksimal... Tapi buat soal campuran Soshum, lebih gampang bandingin soal Soshum murni tahun lalu....Tapi tetep aja serasa hati dibikin galau selama sebulan. Percayalah, nyari kuliah galaunya melebihi gebetanmu diambil teman, ahaha.. Apalagi ini mendekati lebaran, yang jadi pertanyaan wajib adalah "Kamu kuliah dimana?".

Oke tanggal 1 Juli bukalah pengumuman UM Undip yang enggak tau bakal diumumin jam berapa,
beda sama SBMPTN yang sudah ditentukan jamnya.. Nah UM Undip enggak ada.. Website hasil dibuka enggak bisa mulu yhaa.. Berharap lolos aja udah bersyukur banget.. Dan tepat pukul 10.45 WIB daannn akhirnya...

Langsung deh teriak-teriak kek orang ilang... Alhamdulillah.. Walau cita-cita jadi dokter belum kesampaian, tapi ini udah jadi salah satu anugerah terindah bisa banggain ortu.. Tapi pengen sih iseng nyoba FK tahun depan,, ehehehehe..
Now, saya, Rakintan, Calon Mahasiswa UNDIP 2016..

Yee... Udahdeh tinggal pesiapan administrasi dan verifikasi segala sesuatunya..dan ospek tentunya

Special Thanks: Allah SWT, Ortu, maa Six Pupils, Mbah spema, Isty Mustikaningstyas, patner ngerjain buku sakti Yasmin Zahrani.. <3

oke, soal UM bakal aku bagiin di sini, soon yaa.. scanning dulu.. hehe



Previous
Next Post »

Bantulah kami menjadi yang lebih baik dengan komentar Anda, namun berkomentarlah yang baik dan sopan, tidak mengandung unsur pornografi, tidak spam, dan dilarang jika  hanya bertujuan promosi suatu produk. Jika Anda menyertakan link, mohon melalui Name/URL
Terimakasih atas komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment