Social Care SMAN 3 Semarang 2015

Hello, kali ini Kintan ingin membagikan sedikit pengalaman nih tentang kegiatan social care. Nah Social Care ini merupakan program SMAN 3 Semarang untuk kelas XII, berkunjung dan menjadi bagian dari komunitas panti selama 4 hari. Di sana kami diharapkan untuk lebih mengenal lingkungan diluar tembok sekolah dan belajar mengenai banyak hal.

Okey, kelompokku masuk ke kelompok 24. Kelompokku terdiri dari aku, Fara, Alfan, Ozi, Sap, juga Rio. Kami mendapatkan Panti Asuhan Riyaadlul Jannah Pedurungan di bawah yayasan Baiturrahman Semarang. Kloter I, periode 19, 21-23 Desember 2015. Untuk sementara liburan tetap di Semarang, hehe

Persiapan untuk social care kami manfaatkan ketika classmeet, untuk survei tempat juga berkenalan dengan pengurus panti juga mengetahui jadwal kegiatan anak-anak panti, menyusun jadwal dan program perencanaan, bahkan hujan-hujan tetap berangkat ke PIP cuma untuk diskusi. Wehehe.. PIP serasa tempat berkumpul buat ngerjain tugas kelompok...

Hari Kamis kami dijadwalkan bertemu pengurus inti dari yayasan Baiturrahman. Di sana rencananya kami memaparkan program selama 4 hari. Pagi-pagi jam 08.30 WIB, kami kumpul di PIP untuk menyusun jadwal 'sesungguhnya'. Pada saat pertemuan dengan pengurus inti yayasan, ternyata kami mempunyai tugas khusus untuk memperbaiki sistem perpustakaan dan mendata ulang buku di sana. Wah langsung deh cepat-cepat minta bantuan sepupu yang kebetulan lulusan IT untuk buatkan program perpustakaan. Yuhuu.

Okey hari pertama, tanggal 19 Desember, kami berangkat pukul 08.30 WIB. Recananya sih sampai sana jam 09.00 WIB. Ketika di jalan ada pengalihan jalan lewat Citarum. Sampai pertigaan Tlogosari salah ambil lampu merah malah ujung-ujungnya nyasar ke gang buntu, wkwk, di mobil ketawa terus.

Sampai di sana kami langsung perkenalan. Perempuan dan laki-laki dipisah. Ya awalnya canggung, bahkan ada yang diam saja, namun lama kelamaan kami dapat menyatu dengan anak-anak panti yang ternyata seru dan menyenangkan. Oke, sehabis perkenalan, kami langsung ke masjid untuk menonton film Islami dengan unsur komedi. Membuat mereka tertawa terdapat kepuasan tersendiri. Setelah itu shalat dhuhur dan dilanjutkan makan siang. Sekitar 12.30 WIB kami melanjutkan dengan bermain game pembagian hadiah, semuanya antusias. Kami menyebar hadiah di halaman belakang, dan siapa yang cepat dia dapat. Ada beberapa yang kecewa enggak dapat hadiah, namun kami berjanji jika semuanya akan dapat hadiah nantinya.

Hari kedua, 21 Desember 2015. Kami berangkat pukul 09.30. Sesampainya di sana, kami ditugaskan untuk memperbaiki perpustakaan. Semalem lembur untuk uji coba program akhirnya berhasil walau agak tersendat dalam menginstall. Saya dan 3 teman saya memasukkan data ke database, sambil mengecek ketersediaan buku dan merubah nomor seri buku yang lama dengan yang baru. Total buku ada 1500 buku dan terbagi dalam 3 rak. Kelompok kami menyelesaikan 1 rak buku.
Di saat saya dan 3 teman membenahi perpustakaan, 2 teman perempuan saya mengadakan game bagi anak-anak panti. Seperti Indonesia Pintar, salur kata, dan banyak game menyenangkan lainnya.
Kami selesai sekitar pukul 14.30 WIB. Sepulang dari panti kami mampir dulu ke warung makan. wkwk

Hari ketiga, 22 Desember 2015. Kami sampai di sana pukul 10.00 WIB. Yaa di sana kami sudah mempersiapkan beberapa permainan. Bagi yang laki-laki ada permainan takraw, dan bagi perempuan kami saling berbagi tentang tutorial hijab. hmm... Setelah itu kami shalat dhuhur dan dilanjutkan makan siang. Bagi yang laki-laki dilanjutkan permainan badminton, bagi yang perempuan kami saling sharing, mengalir begitu saja, menyenangkan.

Hari keempat, hari terakhir, 23 Desember 2015. Kami datang pukul 09.30. Eits, sebelum itu saya dan teman saya pagi-pagi sudah pergi ke pasar buat cari bahan rujak untuk rujakan nantinya. Selanjutnya kami membeli kertas untu membungkus hadiah dan membeli kue tart. Sesampainya di sana, kami langsung memotong buah rujak dan meyiapkannya. Disaat yang lain sedang sibuk, beberapa dari kami membungkus hadiah di mobil. Ya dengan the power of kepepet akhirnya juga bisa walau kertasnya gede banget. Bagi yang laki-laki menonton film. Dilanjutkan dengan shalat dhuhur dan makan siang. Setelah itu kami lanjutkan dengan menonton film Stand By Me, dan beberapa dari kami membungkus hadiah di mobil. Setelah selesai, pembagian hadiah pemenang lomba takraw, badminton, Indonesia Pintar, dll. Lalu dilanjutkan dengan hadiah hiburan. Tebak-tebakan lucu, sehingga semuanya dapat hadiah. Dikarenakan ada beberapa anak yang pulang ke kampung halaman, maka hadiah kami titipkan. Oke acara penutupan dengan doa bersama anak panti, dilanjutkan dengan pemotongan kue, setelah dimakan bersama-sama malah colek-colekan krim ke muka. So fun.

Setelah itu kami berpamitan, dengan pengasuh panti,,..

Social care menjadi hal yang paling mengesankan bagi saya pribadi dan teman-teman...
Previous
Next Post »

Bantulah kami menjadi yang lebih baik dengan komentar Anda, namun berkomentarlah yang baik dan sopan, tidak mengandung unsur pornografi, tidak spam, dan dilarang jika  hanya bertujuan promosi suatu produk. Jika Anda menyertakan link, mohon melalui Name/URL
Terimakasih atas komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment