Attitude dan Tata Krama

Attitude dan tata krama merupakan hal yang penting dan berperan dalam kehidupan kita, apalagi kita yang hidup sebagai masyarakat Indonesia yang sangat kental dengan budaya sopan santun dan tata krama. Namun sebenarnya apa itu tata krama?

Pengertian tata krama adalah kebiasaan sopan santun yang disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia setempat. Tata krama terdiri atas tata dan krama. Tata berarti adat, aturan, norma, peraturan. Krama berarti sopan santun, kelakuan tindakan, perbuatan. Dengan demikian, tata krama berarti adab sopan santun, kebiasaan sopan santun.

Tata krama sudah melekat dalam kehidupan kita, sangat berperan untuk kita dapat diterima dalam suatu lingkungan masyarakat. Seseorang yang tidak memiliki tata krama dan sopan santun pasti dipandang sebelah mata oleh masyarakat di mana dia tinggal.

Tata krama dan kebiasaan-kebiasaan sebenarnya sudah ditanamkan oleh kedua orang tua kita dan orang-orang disekeliling kita. Penjabaran tata krama pun sebenarnya lumayan luas. Tata krama ada berbagai macam, seperti tata krama dalam berbicara, bertingkah laku, berpakaian, menerima tamu, dan lain sebagainya.

Dasar-dasar tata krama secara inti sebenarnya yaitu :

  1. bersikap sopan dan ramah kepada siapa saja.
  2. memberi perhatian kepada orang lain.
  3. berusaha selalu menjaga perasaan orang lain.
  4. bersikap ingin membantu
  5. menghargai orang lain
  6. memiliki rasa toleransi yang tinggi
  7. dapat menguasai diri
  8. mengendalikan emosi dalam situasi apapun. 
Pendek kata, tata karma menuntut kita agar “memanusiakan manusia”.

Perilaku dalam diri seseorang tidak dapat dibentuk secara langsung melainkan melalui sebuah proses. Faktor lingkungan merupakan faktor terpenting dalam pengajaran tata krama kepada individu semenjak masih kecil. Perilaku yang diajarkan secara terus menerus akan terbentuk menjadi seuatu kebiasaan, tanpa memikiran mengapa harus melakukan tindakan tersebut.

Tata krama perlu dibentuk supaya menghasilkan perilaku yang baik dan beradab. Masyarakat pastilah menilai perilaku seseorang dari kebiasaan dan tingkah lakunya. Termasuk saya. Diam-diam memperhatikan bagaimana bertingkah laku, beretika. Tidak ada salahnya memulai kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat mengubah pribadi Anda menjadi pribadi yang baik dan bertata krama. Contoh kecil yang dapat mengubah pribadi menjadi lebih baik sebenarnya cukup mudah. Mulailah diri Anda dengan kebiasaan seperti mengucapkan terimakasih saat menerima bantuan dan pemberian, mengucapkan tolong saat meminta bantuan, menutup mulut saat makan, tidak berbicara saat makan, tertawa secukupnya, dan hal-hal tata krama yang banyak diajarkan dalam budaya jawa oleh orang tua kita. Bersikap sopan, selalu peka terhadap lingkungan, membantu sesama, menghargai setiap usaha orang lain juga merupakan bagian terkecil dari tata krama itu sendiri, yang notabenenya adalah memanusiakan manusia.

Jika awalannya cukup sulit, percayalah, dengan tata krama, sopan santun dan pribadi yang baik setiap orang yang menerapkan ketiga prinsip tadi dalam kehidupan sosial dan bermasyrakat tentu akan lebih mudah diterima di lingkungan di mana dia tinggal.

Sekian pendapat saya mengenai tata krama, semoga bermanfaat...
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
24 Juni 2016 pukul 14.47 ×

bagus sekali info nya yang di berikan terimakasih gan , di tunggu info info lain nya

Reply
avatar

Bantulah kami menjadi yang lebih baik dengan komentar Anda, namun berkomentarlah yang baik dan sopan, tidak mengandung unsur pornografi, tidak spam, dan dilarang jika  hanya bertujuan promosi suatu produk. Jika Anda menyertakan link, mohon melalui Name/URL
Terimakasih atas komentar Anda ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment